Grafika adalah suatu teknik atau cara
penyampaian pesan, gagasan, informasi, pikiran, kesan perasaan melalui
penggandaan dengan cara dicetak dan disajikan kepada khalayak. Grafika
merupakan teknologi yang memungkinkan hasil pikiran-pikiran tokoh ratusan bahkan
ribuan tahun lalu sampai kepada kita berupa hasil cetakan.
Karena jasa grafika
juga, maka segala urusan manusia modern dipermudah atau sudah merupakan suatu
mekanisme yang tidak mungkin ditinggalkan sejak sebelum lahir sampai ke liang
lahat. Bahkan beberapa tahun setelah manusia di alam kubur masih memerlukannya,
terutama yang berkenaan dengan kontrak tanah pemakaman. Mulai dari bungkus
korek api, ijazah, buku rapor, surat kabar, majalah, buku pelajaran, koran, majalah,
sertifikat, surat keterangan, surat nikah, perangko, brosur, folder, spanduk, company profile, formulir, tiket,
meterai, uang kertas, faktur, kuitansi, STNK, surat pajak, KTP, paspor, dokumen
perdagangan, peraturan, kemasan (kertas, karton, kaleng, plastik, dll) sampai
ke poster dan bentuk cetakan dengan ukuran besar, surat-surat berharga yang dipergunakan
pada bank-bank, dan sangat banyak jenis, bentuk, jumlah barang cetakan di masyarakat.semua
adalah hasil karya manusia yang hanya bisa diwujudkan ,melalui teknologi
grafika.
Bagian dari grafika komputer
meliputi:
- Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Grafika Komputer
- Adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut.
- Merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism).
- Bertujuan menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb.
- Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Data deskriptif : koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dsb.
- Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality.